Truecaller Aplikasi Pelacak Nomor Anonim yang Bisa Menjawab Telepon Pakai Suara AI | Total IT

Truecaller Aplikasi Pelacak Nomor Anonim yang Bisa Menjawab Telepon Pakai Suara AI

By NV | 20 Mei 2024

Truecaller yang merupakan aplikasi smartphone yang dapat menampilkan nama pengguna yang menelepon meskipun tidak ada kontak yang disimpan. Sehingga anda dapat mengetahui jika anda mendapatkan telepon spam.


Hal ini tentunya akan membantu Anda menghindari panggilan yang mengganggu dan tidak perlu. Mencocokkan nama dan nomor membuatnya cukup efisien untuk mengidentifikasi dan pada akhirnya memblokir panggilan yang tidak diinginkan.


Aplikasi pemblokiran panggilan spam Truecaller telah bermitra dengan Microsoft untuk memanfaatkan teknologi  Microsoft Azure AI Speech Personal Voice. Dengan menggunakan teknologi Microsoft, pengguna Truecaller Assistant dapat membuat versi digital dari suaranya sendiri dan menjadi asisten suara.


Menurut The Verge, Truecaller memungkinkan pengguna membuat versi suara mereka sendiri yang dihasilkan  AI untuk menjawab panggilan. Pengguna yang memiliki akses ke asisten AI dapat merekam suaranya sendiri dan mengubahnya menjadi asisten AI Truecaller untuk memantau panggilan masuk dan memberi tahu penelepon alasan panggilan tersebut.


Fitur AI ini memungkinkan pengguna memilih panggilan, menjawab panggilan, dan meminta asisten menjawab panggilan. Namun fitur  asisten  ini hanya tersedia di beberapa negara dan pertama kali diperkenalkan di aplikasi Truecaller pada tahun 2022.


Konferensi Microsoft Build memungkinkan pengguna merekam dan meniru suara mereka sendiri menggunakan fitur Suara Pribadi. Microsoft mengatakan dalam postingan blognya bahwa Personal Voice hanya akan tersedia secara terbatas untuk kasus penggunaan tertentu, seperti asisten suara.


Sementara itu, Truecaller meluncurkan pembaruan terbarunya yang menyertakan fitur pengumuman panggilan. Fitur baru ini memungkinkan untuk melacak identitas  penelepon melalui suara selama panggilan berlangsung.


Berkat fitur ini, baik untuk panggilan suara biasa maupun panggilan Truecaller HD Voice, Truecaller secara otomatis membacakan nama atau ID penelepon dari panggilan masuk berdasarkan ID penelepon yang diidentifikasi oleh Truecaller.


“Truecaller berkomitmen untuk memprioritaskan kebutuhan konsumen dan memberi mereka kendali independen atas semua data pribadi mereka yang terdapat di platform Truecaller,” kata Alan, Co-Founder dan CEO Truecaller  dalam keterangan resmi.


Fitur Terbaru


Selain Announce Call, aplikasi Truecaller versi terbaru ini memiliki empat fitur baru lainnya. Keempat fitur baru tersebut adalah Video Caller ID, Streamlined New Interface, Call Recording, dan Ghost Call.


Video Caller ID adalah fitur yang memungkinkan pengguna  menampilkan video pendek yang otomatis diputar saat melakukan panggilan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih dari template video yang tersedia atau membuat rekaman video  sendiri. Pengguna Truecaller kini dapat menggunakan fitur video caller ID pada versi Android.


Sementara itu, Streamlined New Interface merupakan fitur tab yang berguna untuk "memisahkan" atau membagi dua log yaitu telepon dan SMS. Tab ini memungkinkan pengguna  mengakses semua SMS, obrolan grup Truecaller, dan obrolan individu hanya dengan satu ketukan.


Selanjutnya adalah fungsi Call Recording. Fitur ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna premium. Fitur perekaman panggilan saat ini tersedia untuk semua pengguna Truecaller, dan dapat dicoba untuk pengguna yang memiliki perangkat Android yang menjalankan setidaknya versi 5.1 atau yang lebih baru. Dengan Call Recording, memungkinkan pengguna merekam panggilan masuk/keluar secara langsung, baik perangkat yang sudah memiliki fitur perekam atau belum.


Hasil rekaman panggilan juga bisa dibagikan melalui email, Bluetooth, atau layanan aplikasi perpesanan lainnya. Terakhir ada fitur Ghost Call.Fitur ini membantu pengguna  keluar dari situasi panggilan  yang canggung. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Ghost Call  untuk “mengerjai” temanmu.

 

Misalnya, pengguna dapat mengubah nama atau ID, nomor telepon, dan fotonya agar terlihat seolah-olah  sedang menerima panggilan dari orang tersebut.Pengguna juga dapat menjadwalkan kapan  menerima panggilan hantu. Namun fitur Ghost Call hanya tersedia untuk pelanggan Premium dan Gold.


Jika Anda  ingin mencoba berbagai fitur baru di atas, pastikan Anda telah mengupdate aplikasi Truecaller Anda ke versi 12 melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).


 "Versi terbaru ini mencakup beberapa fitur yang disarankan oleh pengguna kami yang berharga dan diperkenalkan untuk memberikan pengalaman komunikasi yang lebih menyenangkan kepada pengguna dan membantu mereka menghadapi ancaman panggilan spam dengan lebih baik.” pungkas Alan.


Reference:

Pengguna Truecaller Bisa Jawab Telepon Pakai Suara AI : Okezone Techno

Latest Projects