Tips Cara Mencegah Doxxing | Total IT

Tips Cara Mencegah Doxxing

By GS | 26 November 2021

Saat ini sedang banyak tantangan atau challenge untuk menunjukkan informasi pribadi kepada publik baik di media sosial, website ataupun aplikasi lainnya.  Hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan dari informasi pribadi tersebut atau lebih dikenal dengan sebutan doxing.

Doxing atau Doxxing adalah sebuah tindakan di dunia maya untuk menyebarluaskan informasi pribadi kepada publik terhadap seseorang individu atau organisasi. Metode yang biasanya digunakan untuk memperoleh informasi pribadi, termasuk mencari basis data yang tersedia untuk umum dan media sosial, seperti mengenai alamat rumah, nomor telepon pribadi, informasi rekening bank atau kartu kredit, dan lain – lain.

Sementara itu tujuan dari orang ataupun sekelompok orang yang melakukan doxing ini bertujuan mendapatkan keuntungan ekonomi atau melakukan perundungan di dunia maya.

Berikut ini adalaha beberapa cara agar kita terhindar dari doxing :

    1. Batasi Informasi Pribadi yang Dibagikan : Usahakan tutup peluang para peretas untuk dapat melihat informasi pribadi, salah satunya dengan menjadikan akun privat di media sosial.

   2. Hati-hati dalam Berkomentar : Sebuah situs web berita memungkinkan kamu dapat mengirim komentar anonim, ternyata masih bisa mendapatkan IP address yang menunjukkan lokasi dan identitas seseorang. Karena itu, jangan masukkan detail identitas pribadi kamu,

         3. Lindungi Akun dengan Password : Salah satu adalah dengan membobol akun media sosial. Lindungi akun pribadimu dengan password atau kata sandi yang kuat dan unik. Agar tambah aman, segera aktifkan fitur Two-Factor Authentication (TFA) di seluruh akun media sosialmu.

 

Sumber : dikutip dari beberapa sumber di internet 

Latest Projects