NVIDIA Produksi GPU dengan AI dan Machine Learning! | Total IT

NVIDIA Produksi GPU dengan AI dan Machine Learning!

By NV | 01 Juli 2024

Seiring berkembangnya bidang AI, perusahaan bersaing untuk mendapatkan penawaran GPU terbatas dari Nvidia. Raksasa chip tersebut kini menggunakan AI miliknya untuk mempercepat produksi chip.


NVIDIA telah mengembangkan sistem AI yang disebut ChipNeMo untuk mempercepat produksi GPU. Desain GPU bisa menjadi tugas yang memakan banyak tenaga. "Biasanya, dibutuhkan hampir 1.000 orang untuk membuat sebuah chip, dan setiap orang perlu memahami bagaimana bagian-bagian berbeda dari proses desain bekerja sama,” kata wakil presiden  penelitian pembelajaran mendalam terapan Nvidia, Brian Catanzaro, kepada Wall Street Journal.


Nvidia baru-baru ini mengumumkan ChipNeMo, model bahasa khusus  yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas desain chip. Platform ini menyediakan 43 miliar parameter dan bertujuan untuk menyederhanakan aspek desain chip dengan menjawab pertanyaan, merangkum laporan bug, dan membuat skrip  alat desain elektronik (EDA).


“Tujuannya di sini adalah untuk membuat para desainer  lebih produktif,” kata kepala ilmuwan Nvidia, Bill Dally dalam sebuah wawancara baru-baru ini.


 “Jika kami dapat meningkatkan produktivitas bahkan hanya beberapa poin persentase, itu jelas merupakan sebuah kemajuan.Tujuan kami sebenarnya adalah untuk meningkatkannya sedikit lagi."


Sistem AI ini berjalan pada model bahasa besar berdasarkan Metas Llama 2. Perusahaan mengatakan model tersebut dilatih berdasarkan datanya sendiri. Selain itu, fungsionalitas chatbot ChipNeMo dapat menjawab pertanyaan  desain chip, termasuk pertanyaan tentang arsitektur GPU dan pembuatan kode untuk desain chip.


Sejauh ini, hasilnya tampak menjanjikan. Sejak ChipNeMo diumumkan pada Oktober lalu. Dan  sistem AI ternyata berguna dalam melatih para insinyur muda untuk merancang chip dan merangkum catatan dari 100 tim berbeda, lapor majalah tersebut.


ChipNeMo menawarkan basis pengetahuan  luas yang dapat dimanfaatkan pada satu GPU Nvidia A100, menjadikannya platform yang efisien bagi pengembang yang ingin membuat chip modern. Tentunya hal ini juga berlaku bagi pemula dan pendatang baru, agar Anda bisa cepat mendapatkan informasi yang tepat.


Namun, AI generatif baru-baru ini menjadi berita utama karena  menggunakan informasi yang diketahui secara luas untuk memberikan informasi yang salah atau menyesatkan, yang berarti AI ini bukan platform yang akurat dalam situasi tertentu. Untuk menghindari masalah ini, Nvidia menggunakan teknologi RAG (Retrieval Augmented Generation) untuk memastikan keakuratan dalam proses desain. RAG mereferensikan database dokumen sumber untuk membenarkan keluaran platform. Artinya, jika informasi yang dihasilkan tidak akurat, maka dokumen sumbernya juga tidak akurat. Untuk tujuan ini, ChipNeMo dirancang khusus untuk GPU Nvidia dan arsitektur serta proses internalnya. Juga tidak ada rencana untuk rilis komersial. Hal ini merupakan pendekatan yang menarik dalam menggunakan AI untuk mengembangkan chip generasi berikutnya.


References:

AI Nvidia - ChipNeMo LLM Akan Membantu dalam Desain Chip - Komunitas element14

NVIDIA Pakai AI untuk Produksi GPU! - Teman Startup

Latest Projects