Microsoft Luncurkan PC AI Copilot+ dengan Fungsi Pelacakan Recall | Total IT

Microsoft Luncurkan PC AI Copilot+ dengan Fungsi Pelacakan Recall

By NV | 23 Mei 2024

Pada Senin, (20/5/2024), Microsoft meluncurkan kategori baru komputer pribadi dengan kemampuan AI, yang bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam produknya dan bersaing dengan Alphabet dan Apple.


Pada sebuah acara di kampusnya di Redmond, Washington, CEO Satya Nadella memperkenalkan apa yang disebut Microsoft sebagai PC "Copilot+", yang menurutnya akan dijual oleh Microsoft dan sejumlah produsen lainnya termasuk Acer, membuka di tab baru dan Asustek Computer terbuka di tab baru. Menurut Reuters, komputer baru ini akan mampu menangani lebih banyak tugas kecerdasan buatan tanpa memerlukan pusat data cloud. Harga mulai dari $1.000 dan pengiriman dimulai 18 Juni.


Kemampuan untuk mengolah data Artificial Intelligence langsung di komputer memungkinkan Copilot+ menyertakan fitur yang disebut "Recall". "Recall" melacak semua yang dilakukan di komputer, mulai dari penjelajahan Web hingga obrolan suara, membuat riwayat yang disimpan di komputer yang dapat dicari pengguna ketika mereka perlu mengingat sesuatu yang mereka lakukan, bahkan berbulan-bulan kemudian.Perusahaan juga mendemonstrasikan asisten suara Copilot yang bertindak sebagai pelatih virtual real-time kepada pengguna yang memainkan video game "Minecraft".


Yusuf Mehdi, kepala pemasaran konsumen  Microsoft, mengatakan perusahaan memperkirakan 50 juta PC AI akan dibeli  tahun depan. Pada acara pers tersebut, dia mengatakan bahwa asisten AI yang lebih cepat dan dijalankan langsung di PC akan menjadi "alasan paling kuat untuk mengupgrade PC Anda dalam jangka waktu yang lama."


Menurut firma riset Gartner, penjualan PC global turun sekitar 15% tahun lalu menjadi 242 juta unit. Microsoft memperkirakan bahwa kategori komputer baru  akan mencakup sekitar seperlima dari seluruh PC yang terjual.


"Copilot+" baru dari Microsoft yang menonjolkan fitur AI mengingatkan pada kategori Ultrabook pada laptop Windows tipis yang ditawarkan Intel kepada pembuat PC pada tahun 2011 untuk bersaing dengan MacBook Air milik Apple.


Eksekutif Microsoft juga mengatakan bahwa  teknologi terbaru  pembuat ChatGPT OpenAI, GPT-4o, akan tersedia "segera"  sebagai bagian dari Copilot. Microsoft juga mengumumkan generasi baru tablet Surface Pro dan laptop Surface yang ditangani oleh chip Qualcomm  berdasarkan arsitektur Arm Holdings. Ia juga memperkenalkan teknologi yang disebut Prism yang memungkinkan perangkat lunak yang ditulis untuk chip Intel dan AMD berjalan pada chip yang dibuat dengan teknologi Arm.


Microsoft memamerkan perangkat baru yang berfungsi melawan perangkat Apple dan mengungkapkan bahwa perangkat lunak pengedit foto  Adobe  berjalan lebih cepat di perangkat Microsoft. Apple mengumumkan chip baru yang berfokus pada AI awal bulan ini yang menurut para analis akan digunakan di laptop masa depan. Setelah puluhan tahun prosesor Intel  mendominasi pasar PC, Qualcomm dan produsen komponen Arm berdaya rendah lainnya berupaya bersaing di pasar PC Windows.


Chip Qualcomm Snapdragon X Elite mencakup apa yang disebut unit pemrosesan saraf yang dirancang untuk mempercepat aplikasi yang berfokus pada AI, seperti perangkat lunak Copilot Microsoft.


Pekan lalu, OpenAI milik Alphabet dan Google mengumumkan pertarungan teknologi AI yang dapat merespons  secara real-time dan sesekali melalui suara. Keduanya merupakan fitur percakapan suara realistis yang sulit dicapai oleh asisten suara AI. Google juga mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan beberapa fitur AI generatif ke mesin pencarinya yang menguntungkan.


Pembuat PC Windows semakin mendapat tekanan dari Apple sejak Apple merilis chip khusus berdasarkan desain  Arm dan meninggalkan prosesor Intel. Prosesor yang dikembangkan Apple ini memberi komputer Mac masa pakai baterai  lebih lama dan kinerja  lebih cepat dibandingkan chip pesaing.


Microsoft mempekerjakan Qualcomm pada tahun 2016 untuk memimpin upaya memigrasikan sistem operasi Windows ke desain chip Arm. Qualcomm memiliki hak eksklusif atas perangkat Microsoft Windows, yang akan habis masa berlakunya tahun ini. Perancang chip lainnya, seperti Nvidia, sedang berupaya memproduksi chip PC berbasis Arm mereka sendiri.


Reference:

Microsoft Luncurkan PC AI Copilot+, Dilengkapi Fitur Pelacakan Recall : Okezone Techno

Latest Projects