By NV | 28 Oktober 2024
Bisnis digital sendiri diartikan sebagai bentuk bisnis yang menggunakan teknologi digital sebagai landasan utama operasional dan strategi bisnis. Hal ini mencakup segalanya mulai dari menjual produk dan layanan secara online, hingga pemasaran digital dan analisis data, hingga berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan melalui platform digital seperti situs web, aplikasi seluler, dan media sosial.
Dalam bisnis digital, transaksi, komunikasi, dan proses bisnis lainnya sering kali dilakukan secara elektronik menggunakan Internet dan teknologi digital lainnya untuk memfasilitasi interaksi antara pelanggan, mitra bisnis, dan bisnis. Bisnis digital memungkinkan pebisnis menjangkau khalayak luas melampaui batas geografis dan terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia.
Bagaimana teknologi informasi bermanfaat bagi bisnis?
Teknologi informasi memberikan banyak manfaat operasional dan strategis bagi bisnis. Di era digital, pemanfaatan teknologi informasi tidak hanya sekedar tambahan yang bermanfaat, namun juga merupakan kebutuhan strategis yang penting untuk menjaga daya saing dan kelangsungan usaha. Manfaat-manfaat tersebut menjadikan teknologi informasi sebagai aset berharga bagi perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Beberapa manfaat teknologi informasi dalam bisnis adalah :
Solusi Bagi Bisnis Untuk Mengatasi Masalah yang Kompleks
Membuat Keputusan yang Lebih Baik
Menciptakan Komunikasi dan Kolaborasi yang Lebih Baik
Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan
Meningkatkan Efisiensi Operasional Perusahaan
Teknologi apa yang digunakan dalam bisnis?
Penggunaan teknologi yang tepat di era digital membantu dunia usaha meningkatkan efisiensi, membuat keputusan yang lebih baik, dan tetap kompetitif di pasar yang semakin kompetitif. Di bawah ini adalah beberapa teknologi yang digunakan di perusahaan:
Customer Relationship Management (CRM)
Mempertahankan hubungan pelanggan yang baik adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Semakin baik Anda mengelola hubungan pelanggan, semakin sukses perusahaan Anda. Untuk bertahan, bisnis harus siap untuk secara konsisten memberikan pengalaman pelanggan berkualitas tinggi. Untuk mencapai hal ini, perusahaan dapat memanfaatkan solusi teknologi manajemen hubungan pelanggan (CRM).
Microservices
Perusahaan harus lebih kreatif dalam menciptakan inovasi bisnis agar dapat bertahan dan pulih dari krisis serta mempertahankan keunggulan industrinya pascapandemi.
Untuk mencapai hal ini, perusahaan memerlukan solusi yang membuat tim lebih gesit dan fokus pada kolaborasi yang mendorong inovasi. Kebutuhan ini menjadikan layanan mikro sebagai solusi awal yang cepat bagi perusahaan, membawa arsitektur berorientasi layanan (SOA) selangkah lebih maju dengan memecah setiap komponen menjadi aplikasi tujuan tunggal yang efektif. Layanan mikro membantu perusahaan membangun layanan yang lebih baik dan merespons kebutuhan bisnis dengan lebih cepat.
API dan Manajemen Data
API Management adalah solusi untuk merancang, menerbitkan, mendokumentasikan, dan menganalisis API (Application Programming Interfaces) dalam lingkungan yang aman. Manajemen API memungkinkan bisnis memastikan bahwa API publik atau internal yang mereka buat aman untuk digunakan. API dapat memfasilitasi komunikasi baik untuk keperluan internal maupun eksternal jika perusahaan mengelolanya dengan baik. Manajemen API memungkinkan perusahaan mengembangkan inovasi produk dengan lebih cepat dan mendorong kemajuan di seluruh bisnis.
Selain pengelolaan API, pengelolaan data juga sangat penting untuk menjaga kelangsungan dan perkembangan suatu perusahaan. Dengan bantuan teknologi seperti big data dan analisis big data, manajer bisnis dapat mengidentifikasi tren bisnis dan memprediksi bisnis masa depan, yang dapat sangat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang penting. Selain itu, teknologi virtualisasi data memungkinkan perusahaan untuk mempercepat pengembangan sistem TI dan mendukung perubahan arah bisnis yang cepat.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting di era sekarang ini karena perlu dilindungi guna mengkoordinasikan organisasi dan menjaga aset (karyawan) tetap aman dan nyaman. Untuk melakukan hal ini, tim SDM perlu memanfaatkan solusi manajemen sumber daya manusia. Solusi ini membantu perusahaan untuk merencanakan dengan baik untuk memanfaatkan sumber daya manusia sebaik-baiknya dan menciptakan sekelompok karyawan berbakat yang dapat meningkatkan kualitas kerja, sehingga membantu perusahaan memberikan dampak positif pada pertumbuhan.
Strategi Pemasaran yang Efektif
Memahami Pasar Global Sebelum memasuki pasar global, penting untuk memahami tren setiap target pasar, preferensi konsumen, dan peraturan lokal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih menyesuaikan strategi pemasaran mereka.
Pemanfaatan Teknologi dalam Pemasaran Teknologi juga merupakan alat yang sangat efektif dalam pemasaran.Dari analisis data hingga pemasaran digital, teknologi membantu bisnis menjangkau audiens mereka dengan lebih akurat dan efisien.
References:
https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/bisnis-digital-transformasi-dalam-perdagangan-online/
https://phintraco.com/teknologi-bisnis/