Loyalty Program Untuk Menaikkan ‘ Customer Engagement’ | Total IT

Loyalty Program Untuk Menaikkan ‘ Customer Engagement’

By GS | 22 Februari 2022

Menurut Investopedia, loyalty program adalah cara untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang dilakukan oleh retailer ataupun jenis bisnis lain dengan menawarkan rewards, discounts, special incentives, dan  lain – lain. Dengan kata lain, loyalty program ini adalah cara meningkatkan interaksi pelanggan dengan retailer ataupun jenis bisnis lainnya agar pelanggan melakukan pembelian produk maupun jasa mereka.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh celerity.com , 63% pemimpin perusahaan menyatakan bahwa pandemi Covid -19 telah membuat perusahan mereka melakukan transformasi digital lebih cepat dari yang mereka rencanakan dan membuat investasi yang lebih besar dalam hal teknologi digital.

Loyalty Program menjadi salah satu teknologi yang mengalami peningkatan dalam transformasi digital. Prediksi dari marketsandmarkets.com memperkirakan bahwa global loyalty market management akan tumbuh dari USD $ 8,6 billion pada tahun 2021 menjadi USD $ 18,2 billion pada tahun 2022. Salah satu contoh loyalty program terbaik yang sudah menjadi profit center adalah Amazon Prime dan Starbucks Rewards.

Sangat penting bagi perusahaan atau retailer untuk memahami tren dan membangun konsep yang sesuai dengan program mereka, karena sama seperti dunia bisnis lainnya, loyalty program juga terkena dampak akibat pandemi.

 

Berikut ini adalah ide dari Loyalty Program dari Total IT

1. Loyalty Points

Loyalty points menjadi salah satu loyalty program yang paling sering digunakan oleh retailer maupun perusahaan. Cara pelaksanaannya sangat sederhana, konsumen hanya melakukan transaksi dalm jumlah tertentu akan mendapatkan poin. Kemudian poin tersebut dapat disimpan dan dikumpulkan agar mencapai jumlah tertentu untuk ditukarkan dengan hadiah, diskon, ataupun layanan lainnya. Tentunya semakin banyak poin yang ditukarkan, akan mendapatkan hadiah / diskon / layanan lainnya yang makin menarik

2.  Private Event

Program ini diadakan secara terbatas hanya untuk member apabila perusahan atau retailer akan mengadakan acara baik itu online maupun offline. Disini brand owner dapat menunjukkan perhatian kepada pelanggan dengan mengundang mereka pada momen spesial sehingga mereka akan semakin dekat dengan product brand Anda.

3. Tier / Loyalty Level

Di dalam program ini, pelanggan diajak langsung untuk bergabung menjadi member ataupun komunitas yang dibuat oleh perusahaan. Salah satu keuntungan dari member ini adalah pelanggan akan mendapatkan perlakuan khusus seperti potongan harga, promo spesial khusus untuk member yang tidak bisa didapatkan oleh pelanggan non membership.

4.  Special Services Free Shipping

Saat ini jenis loyalty program seperti free shipping banyak digunakan oleh e-commerce atau marketplace untuk menaikan omzet penjualan. Di lain pihak, bagi member, gratis ongkos kirim menjadi salah satu faktor penting dalam pembelian barang atau jasa.

5.   Early Access New Product / Sale

Salah satu loyalty program yang sedang trend saat ini adalah Early Access New Product / Sale. Pada program ini, member mendapatkan kesempatan paling awal untuk membeli new product maupun product sale yang bisa dilakukan secara offline maupun online. Sehingga member mendapatkan peluang yang lebih besar untuk memiliki produk tersebut.


Sumber : Forbes.com & Investopedia

Latest Projects