By GS | 22 Februari 2022
Menurut Investopedia, loyalty program adalah cara
untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang dilakukan oleh retailer
ataupun jenis bisnis lain dengan menawarkan rewards, discounts, special
incentives, dan lain – lain. Dengan
kata lain, loyalty program ini adalah cara meningkatkan interaksi
pelanggan dengan retailer ataupun jenis bisnis lainnya agar pelanggan melakukan
pembelian produk maupun jasa mereka.
Menurut laporan yang dikeluarkan oleh celerity.com , 63% pemimpin
perusahaan menyatakan bahwa pandemi Covid -19 telah membuat perusahan mereka
melakukan transformasi digital lebih cepat dari yang mereka rencanakan dan membuat
investasi yang lebih besar dalam hal teknologi digital.
Loyalty Program menjadi salah satu teknologi yang
mengalami peningkatan dalam transformasi digital. Prediksi dari marketsandmarkets.com
memperkirakan bahwa global loyalty market management akan tumbuh dari USD
$ 8,6 billion pada tahun 2021 menjadi USD $ 18,2 billion pada tahun 2022.
Salah satu contoh loyalty program terbaik yang sudah menjadi profit
center adalah Amazon Prime dan Starbucks Rewards.
Sangat penting bagi perusahaan atau retailer untuk
memahami tren dan membangun konsep yang sesuai dengan program mereka, karena sama
seperti dunia bisnis lainnya, loyalty program juga terkena dampak akibat
pandemi.
Berikut ini adalah ide dari Loyalty Program dari Total IT
1. Loyalty PointsLoyalty points menjadi salah satu loyalty program yang paling sering digunakan oleh retailer maupun perusahaan. Cara pelaksanaannya sangat sederhana, konsumen hanya melakukan transaksi dalm jumlah tertentu akan mendapatkan poin. Kemudian poin tersebut dapat disimpan dan dikumpulkan agar mencapai jumlah tertentu untuk ditukarkan dengan hadiah, diskon, ataupun layanan lainnya. Tentunya semakin banyak poin yang ditukarkan, akan mendapatkan hadiah / diskon / layanan lainnya yang makin menarik
2. Private Event
Program ini diadakan secara terbatas hanya
untuk member apabila perusahan atau retailer akan mengadakan acara baik itu online
maupun offline. Disini brand owner dapat menunjukkan perhatian kepada
pelanggan dengan mengundang mereka pada momen spesial sehingga mereka akan
semakin dekat dengan product brand Anda.
3. Tier / Loyalty Level
Di dalam program ini, pelanggan diajak langsung untuk bergabung menjadi member ataupun komunitas yang dibuat oleh perusahaan. Salah satu keuntungan dari member ini adalah pelanggan akan mendapatkan perlakuan khusus seperti potongan harga, promo spesial khusus untuk member yang tidak bisa didapatkan oleh pelanggan non membership.
4. Special Services Free Shipping
Saat ini jenis loyalty program seperti free
shipping banyak digunakan oleh e-commerce atau marketplace untuk menaikan
omzet penjualan. Di lain pihak, bagi member, gratis ongkos kirim menjadi salah
satu faktor penting dalam pembelian barang atau jasa.
5. Early Access New Product / Sale
Salah satu loyalty program yang sedang trend
saat ini adalah Early Access New Product / Sale. Pada program
ini, member mendapatkan kesempatan paling awal untuk membeli new product
maupun product sale yang bisa dilakukan secara offline maupun online.
Sehingga member mendapatkan peluang yang lebih besar untuk memiliki produk
tersebut.
Sumber : Forbes.com & Investopedia