Kolaborasi Telkomsel dengan Tencent Cloud dan MCASH dalam Pengembangan Teknologi Palm Scanner | Total IT

Kolaborasi Telkomsel dengan Tencent Cloud dan MCASH dalam Pengembangan Teknologi Palm Scanner

By NV | 22 Juli 2024

Telkomsel berkolaborasi dengan Tencent Cloud dan PT M Cash Integration Tbk (MCASH) menjajaki penerapan teknologi pemindaian telapak tangan (Palm Scanner) sebagai solusi peningkatan layanan pelanggan. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Rabu (19/6) lalu.


Palm Scanner Teknologi biometrik dirancang untuk mengidentifikasi pelanggan individu  berdasarkan pola unik pada telapak tangan mereka. Teknologi ini bekerja dengan membaca dan memetakan urat telapak tangan, sidik jari, dan pola kulit serta digunakan untuk mengautentikasi pelanggan. Dengan teknologi ini, proses verifikasi pelanggan atau yang biasa disebut Know Your Customer (KYC) akan menjadi lebih cepat, efisien, aman, dan nyaman.

 

Sales Manager Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, teknologi ini akan membuat proses mengenal pelanggan Anda atau kenali pelanggan Anda (KYC)  menjadi lebih cepat, efisien, aman, dan nyaman.


“Dalam rangka mewujudkan komitmen meningkatkan kenyamanan, kecepatan, dan keamanan pelanggan, Telkomsel mengimplementasikan solusi teknologi terbaru berupa pemindaian telapak tangan (palm scanner) yang bekerja sama dengan MCASH dan Tencent Cloud,” kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (24/6/2024).


“Kami konsisten untuk selalu memanfaatkan teknologi terkini dalam berinovasi dan menciptakan kemudahan serta memberikan dampak positif bagi pelanggan. Upaya kolaboratif ini juga sejalan dengan visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi,” tambah Adiwinahyu.


Dia menjelaskan bahwa Telkomsel akan memperkenalkan teknologi Palm Scanner di lingkungan kerja, layanan pelanggan, dan area B2B untuk meningkatkan kenyamanan dan memberikan solusi  transaksi produk dan layanan Telkomsel. Dengan penerapan teknologi ini, Telkomsel bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman layanan yang lebih baik dan aman.


Vice President Tencent Cloud International dan Direktur Bisnis Tencent Cloud APAC Jimmy Chen menegaskan pihaknya sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Telkomsel dan MCASH dalam menjajaki penerapan teknologi pemindaian dan verifikasi telapak tangan.


“Dengan menggabungkan keahlian kami dengan Telkomsel dan Tencent, kami yakin dapat menghadirkan teknologi verifikasi identitas yang efisien, aman, serta meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi lebih baik,” kata Martin. 


Solusi teknologi Palm Scanner memiliki banyak manfaat. Misalnya, teknologi ini lebih nyaman karena proses pemindaian telapak tangan tidak dipengaruhi oleh faktor seperti ukuran kembaran, kemiripan wajah, dan kondisi sempit. Selain itu, risiko kesalahan juga berkurang karena proses pemindaian yang dilakukan di area tangan  meminimalkan kemungkinan reaksi palsu akibat rekaman kamera.


Selain itu, teknologi ini bersifat agnostik dan dapat digunakan dengan berbagai macam perangkat keras, perangkat lunak, dan platform, sehingga mudah diterapkan.


References:

Hadirkan Teknologi Palm Scanner, TSEL Gandeng Tencent Cloud & MCASH (cnbcindonesia.com)

Telkomsel Gandeng Tencent Cloud dan MCASH Eksplorasi Teknologi Palm Scanner (bisnis.com)


Latest Projects