Intip Tujuan Kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia | Total IT

Intip Tujuan Kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia

By NV | 06 Mei 2024

CEO Apple Tim Cook mengatakan pembuat iPhone akan "melihat" kemungkinan manufaktur di negara itu setelah pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo pada hari Rabu. 

“Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat manufaktur di negara ini, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” kata Cook kepada wartawan setelah pertemuan tersebut. “Peluang investasi di Indonesia tidak ada habisnya. Ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi dan kami sedang berinvestasi,” tambahnya tanpa merinci rencana spesifiknya.


Sehari sebelum konferensi, raksasa teknologi Amerika ini mengumumkan rencana untuk meningkatkan investasinya di Indonesia, mengumumkan akan membuka Akademi Pengembang Apple keempat di Bali. Lembaga ini bertujuan untuk menumbuhkan bakat teknis dalam ekonomi aplikasi iOS yang sedang berkembang di negara ini, dengan fokus pada pengajaran keterampilan dan desain pemrograman.


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dalam kesempatan itu mengatakan, Presiden Jokowi mengusulkan kepada perusahaan teknologi  untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya untuk pengembangan ibu kota (IKN).


Pemerintah Indonesia juga mengundang Apple untuk membangun pabrik suku cadang di Indonesia. Budi mengatakan, hal ini merupakan upaya Indonesia untuk berpartisipasi dalam distribusi barang dan jasa dalam skala global.Budi mengatakan Tim Cook  menyambut baik permintaan tersebut.


"Mister Tim Cook sangat antusias menyambut permintaan itu, karena itu cocok juga dengan perusahaannya terkait smart city," kata Budi di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu dikutip Antara.


Tim Cook juga berharap Apple dan Indonesia dapat bekerja sama lebih erat lagi di masa depan. Mengingat kerja sama dengan tiga akademi pengembang Apple di Surabaya, Jakarta, dan Batam berjalan baik.


Tim Cook mengatakan, “Saya yakin kita dapat membuat kerja sama antara Indonesia dan Apple semakin sukses di masa depan.” Sumber : Profil Tim Cook CEO Apple dan Tujuan Datang ke Indonesia (tirto.id)
Apple akan 'melihat' manufaktur Indonesia, Tim Cook memberi tahu Jokowi - Nikkei Asia

Latest Projects