Gmail di Android akan segera terintegrasi dengan Google Gemini AI | Total IT

Gmail di Android akan segera terintegrasi dengan Google Gemini AI

By NV | 27 Mei 2024

Gmail di Android mungkin akan segera mendapatkan peningkatan kecerdasan buatan (AI), seiring rumor yang beredar tentang integrasi AI Google Gemini. Berita ini datang dari sumber terpercaya yang menyelidiki kode aplikasi dan mengungkapkan tombol Gemini yang tersembunyi.


Dilansir Gizmochina, mengetuk tombol tersembunyi ini dapat memicu sejumlah fitur AI yang berguna di Gmail. Fitur di Gemini ini juga memungkinkan Anda meringkas email yang panjang, menyorot poin-poin penting, dan menulis balasan. Fungsi ini konsisten dengan apa yang sudah tersedia bagi pengguna Google Workspace berbayar.


Sebenarnya kehadiran AI di Gmail untuk Android sudah diketahui sejak April 2024, namun saat itu Gemini belum menampilkan toolbar khusus  untuk mengakses lebih detail.

Fitur ini juga tersedia dan dapat digunakan di Gmail oleh pengguna Google Workspace berbayar pada saat itu. Maka tak heran jika fitur ini kini bisa dilihat lebih banyak orang.


Hal yang jelas, Gemini bisa berperan sebagai AI, mampu menyaring pesan masuk dengan percakapan panjang dan memilih poin-poin penting sesuai kebutuhan.


Misalnya, jika pengguna meminta AI untuk meringkas pesan yang baru saja diterimanya, pengguna setidaknya harus membaca pesan ringkasan tersebut dengan cepat.


Hal ini diperlukan karena masih belum ada jaminan bahwa Gemini AI tidak akan melewatkan sesuatu yang penting dalam salah satu ringkasannya. Pasalnya, Gemini masih bisa salah memahami rangkaian kata dan frasa yang ternyata penting.


Meskipun menggabungkan konten yang ada merupakan keunggulan AI, penting untuk diingat bahwa AI bukanlah sesuatu yang sempurna. Selalu ada kemungkinan, sekecil apa pun, Gemini akan kehilangan informasi penting karena kesalahan dalam penafsiran.


Dalam membuat balasan email, Gemini di Gmail juga dapat menerima permintaan untuk membuat balasan dengan berbagai nada, baik formal maupun informal.


Meski terasa dekat, belum diketahui secara pasti kapan fitur Gemini ini akan tersedia secara luas bagi pengguna di seluruh dunia.


References:

Gmail di Android Akan Segera Dapat Fitur Gemini AI : Okezone Techno

Gmail di Android makin cerdas, dilengkapi opsi AI Gemini khusus - ANTARA News

Latest Projects