Cloudflare Luncurkan Alat Baru untuk Blokir Bot AI pada Situs Web | Total IT

Cloudflare Luncurkan Alat Baru untuk Blokir Bot AI pada Situs Web

By NV | 26 Juli 2024

Cloudflare, sebuah perusahaan yang menyediakan infrastruktur internet dan layanan keamanan situs web, mengumumkan alat baru yang mencegah bot kecerdasan buatan (AI) mengambil data dari situs web untuk melatih model AI. Cloudflare menyediakan alatnya secara gratis hanya untuk situs web yang di-hosting di platform Cloudflare.


Cloudflare bertindak sebagai koneksi antara hosting, mengamankan, dan mempercepat kecepatan transfer data antar server. Beberapa vendor AI, termasuk Google, OpenAI, dan Apple, mengizinkan pemilik situs web memblokir bot  dengan memodifikasi robot.txt, yang memberi tahu bot halaman mana yang harus dikunjungi.

 

Menurut Cloudflare, tidak semua pemilik situs web ingin dikunjungi oleh bot AI, terutama bot yang beroperasi secara diam-diam, dan khawatir bahwa perusahaan Artificial Intelligence menawarkan alat pemblokiran bot untuk menghindari deteksi  bot. Sebelum merilis alat ini, Cloudflare menganalisis lalu lintas bot Artificial Intelligence I dan program perayap serta mengembangkan teknologi untuk mendeteksi bot secara otomatis.


Model deteksi bot Cloudflare  memeriksa apakah bot AI mencoba menyamar sebagai pengguna web biasa. Cloudflare mengacu pada alat dan kerangka kerja yang digunakan  perayap situs untuk mendeteksi lalu lintas bot AI dan menghindari pemantauan, dikutip oleh Techcrunch.

Blokir Ancaman Siber

Cloudflare, Inc, perusahaan konektivitas cloud  terkemuka, telah merilis laporan Status Keamanan Aplikasi tahun 2024. Temuan  laporan tahun ini menunjukkan bahwa tim keamanan perusahaan sedang berjuang untuk mengelola risiko yang ditimbulkan oleh ketergantungan mereka pada aplikasi modern, teknologi yang mendasari semua situs web saat ini.  Ini adalah yang paling umum.


Laporan ini menyoroti jumlah ancaman yang ditimbulkan oleh masalah rantai pasokan perangkat lunak, meningkatnya jumlah serangan penolakan layanan terdistribusi (DDoS) dan bot jahat, serta sumber daya yang dapat disediakan oleh tim keamanan aplikasi khusus.


Dunia digital  saat ini didasarkan pada aplikasi web dan API. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan situs e-commerce  menerima pembayaran, sistem layanan kesehatan untuk bertukar data pasien dengan aman, dan mendukung aktivitas yang dilakukan melalui ponsel. Namun, semakin Anda mengandalkan aplikasi ini, permukaan serangan Anda akan semakin besar.


Faktanya, dengan maraknya penggunaan AI generatif seperti Chat GPT hingga Copilot, bot AI menjadi semakin maju. Dan banyak situs web menjadi semakin waspada terhadap model pelatihan AI  perusahaan teknologi yang menggunakan materi di situs web mereka tanpa pemberitahuan atau kompensasi.


Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 26% dari 1.000 situs web terbesar di Internet memblokir bot OpenAI, dan 600 penerbit berita juga memblokir bot OpenAI.


References:

Cloudflare Punya "Senjata" untuk Blokir Bot AI di Web (kompas.com)

Begini Cara Cloudflare Cegah Bot AI Ambil Data Situs Web Tanpa Izin - Info Komputer (grid.id)

Cloudflare Inovatif: Alat Baru Lawan Bot AI Di Internet! - Kabar Palu

Latest Projects