Cisco Bangun Pusat Data Security Cloud Pertama di Indonesia untuk Perkuat Keamanan Siber | Total IT

Cisco Bangun Pusat Data Security Cloud Pertama di Indonesia untuk Perkuat Keamanan Siber

By NV | 15 Juli 2024

Perusahaan  manufaktur jaringan Cisco telah membangun pusat data keamanan cloud pertama di Indonesia yang disebut Cisco Edge Data Centers. Langkah ini bertujuan untuk mendukung keamanan dan pertahanan siber di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan lingkungan teknologi informasi yang semakin kompleks. Pusat data baru ini akan mendukung inspeksi dan enforcement lalu lintas jaringan untuk membantu  pelanggan memperkuat pertahanan siber mereka. Investasi dalam keamanan siber ini mendukung komitmen Cisco untuk mendukung perekonomian Indonesia yang tumbuh pesat, dan merupakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.


Seiring dengan semakin maraknya cloud, sistem kerja hybrid, dan adopsi teknologi seperti aplikasi dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), keamanan informasi dan jaringan telah menjadi prioritas utama bagi bisnis. Cisco memanfaatkan pengalaman globalnya dalam bidang keamanan dan jaringan untuk menghadirkan solusi terbaru ini guna melindungi pelanggan Indonesia dengan lebih baik.


Meluasnya penggunaan cloud, sistem kerja hybrid, dan meningkatnya pengadopsian aplikasi dan AI  mengubah lingkungan teknologi informasi, sehingga memberikan tantangan organisasi untuk melindungi diri dari ancaman di lingkungan yang sangat terdistribusi sambil mempertahankan pengalaman pengguna yang lancar.


Marina Kacaribu, Managing Director Cisco Indonesia, mengatakan agar perusahaan dapat mengikuti lanskap yang berubah dengan cepat, mereka memerlukan integrasi yang menyediakan deteksi, investigasi, dan respons ancaman komprehensif di semua tingkat keamanan sebuah platform keamanan.


“Agar organisasi dapat merespons lanskap yang berubah dengan cepat, penting untuk menerapkan platform keamanan terintegrasi yang menyediakan deteksi, investigasi, dan respons ancaman komprehensif di seluruh lapisan keamanan. Menurut penelitian terbaru dari Cisco, hanya 12% perusahaan di Indonesia memiliki tingkat kesiapan yang “Mature” yang diperlukan untuk melakukan mitigasi risiko keamanan siber modern, yang menyoroti besarnya tantangan ini,” kata Marina.


“Edge Data Centers Cisco menunjukkan komitmen kami  untuk memberikan perlindungan yang konsisten dan mudah digunakan bagi bisnis di Indonesia yang memungkinkan mereka mengakses aplikasi dari mana saja dan di perangkat apa pun, sekaligus memungkinkan pemeriksaan lalu lintas jaringan di dalam negeri,” jelasnya.


Cisco Edge Data Centers menawarkan berbagai fitur dan manfaat bagi pelanggan  Indonesia, antara lain: 


  1. Keamanan Dinamis dengan Security Service Edge (SSE) 

Cisco Edge Data Center menyertakan fungsionalitas Security Service Edge (SSE) sebagai bagian dari kerangka kerja Secure Access Service Edge (SASE). SSE memungkinkan akses yang dinamis dan aman ke sumber daya perusahaan berdasarkan identitas pengguna dan konteks akses tersebut. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan fleksibilitas dalam lingkungan kerja yang selalu berubah.


  1. Manajemen Terpadu dengan Cisco Secure Access 

Solusi Cisco Secure Access mengintegrasikan berbagai fungsi keamanan jaringan seperti Secure Web Gateway (SWG), Cloud Access Security Broker (CASB), Firewall as a Service (FWaaS), dan Zero Trust Networking Access (ZTNA). Selain itu juga menyediakan kemampuan tambahan seperti multimode Data Loss Prevention (DLP) secara real-time, pemantauan pengalaman digital, dan Talos, thread intelligence berbasis AI, semuanya dalam satu lisensi dan platform manajemen. Dengan pengelolaan yang terintegrasi, perusahaan dapat memantau, mengelola, dan menilai risiko keamanan dengan lebih efisien dan efektif.


  1. Pusat Data Lokal untuk Stabilitas dan Kepatuhan

Pusat Data Lokal tidak hanya meningkatkan stabilitas koneksi, namun juga memastikan bahwa bisnis mematuhi peraturan dan kepatuhan data lokal. Hal ini membantu menciptakan pengalaman pengguna dan meminimalkan risiko serangan dan potensi gangguan.


Sementara itu, Koo Juan Huat, Direktur Keamanan Siber di Cisco ASEAN, mengatakan bahwa meskipun sebagian besar perusahaan menggunakan banyak  produk teknologi, produk-produk tersebut tidak memadai untuk lingkungan yang sangat terdistribusi saat ini dan memiliki kompleksitas yang semakin meningkat. “Cisco Secure Access meringankan beban pengguna, menyediakan akses tanpa batas ke semua aplikasi dan memungkinkan sistem kerja 'hybrid' yang aman. Hasilnya adalah peningkatan keamanan dan pengalaman yang ramah pengguna,” katanya.


References: 

Cisco Meluncurkan Pusat Data Security Cloud Pertama di Indonesia (cloudcomputing.id)

Cisco rilis pusat data security cloud pertama di Indonesia (indotelko.com)

Latest Projects