By GS | 22 Januari 2021
Pada masa pandemi saat ini, banyak acara – acara yang mengumpulkan
orang banyak mulai dihindari ataupun dilarang sama sekali di beberapa negara
termasuk Indonesia. Solusinya adalah semua acara – acara yang berpotensi mengumpulkan
banyak orang tersebut mulai digantikan secara virtual atau online.
Agar acara virtual tetap sukses dan berjalan lancar, kita
harus menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat. Kami akan memberikan tips –
tips-nya sebagai berikut :
1. Pilih konsep acara
Hal ini merupakan yang paling mendasar karena menyangkut biaya yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan event online. Apakah acara tersebut membutuhkan studio atau tidak, jumlah kamera yang diperlukan, dekorasi yang dibutuhkan, dan lain – lain.
Untuk memudahkan registrasi dan pembayaran,
sebaiknya menggunakan media website atau mobile application. Hal
ini dilakukan untuk mendata pengunjung yang akan ikut dalam event online
tersebut, agar pada saat acara kita dapat mengatur kapasitas bandwith atau
koneksi internet yang dibutuhkan.
Jika acara event online ini berbayar, sebaiknya
menggunakan payment gateway, agar memudahkan kita untuk mendata siapa saja
yang sudah membayar ataupun yang belum membayar
Promosikan event online yang Anda
selenggarakan, agar menarik jumlah pengunjung pada saat acara. Promosi dapat
dilakukan melalui website, email blast, sosial media, ataupun media
lainnya.
Setiap event sebaiknya ada gladi resik atau rehearsal. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir kekurangan ataupun kesalahan yang mungkin terjadi pada saat acara.
5. Membuat panduan acara bagi peserta
Setiap pengunjung / peserta event online pasti membutuhkan panduan dalam mengikuti acara tersebut. Panduan ini bisa diberikan oleh penyelenggara melalui email ataupun menampilkannya di website.