5 Tips Agar Event Online Anda Bisa Berjalan dengan Sukses | Total IT

5 Tips Agar Event Online Anda Bisa Berjalan dengan Sukses

By GS | 22 Januari 2021

Pada masa pandemi saat ini, banyak acara – acara yang mengumpulkan orang banyak mulai dihindari ataupun dilarang sama sekali di beberapa negara termasuk Indonesia. Solusinya adalah semua acara – acara yang berpotensi mengumpulkan banyak orang tersebut mulai digantikan secara virtual atau online.

Agar acara virtual tetap sukses dan berjalan lancar, kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat. Kami akan memberikan tips – tips-nya sebagai berikut :


1.       Pilih konsep acara

Hal ini merupakan yang paling mendasar karena menyangkut biaya yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan event online. Apakah acara tersebut membutuhkan studio atau tidak, jumlah kamera yang diperlukan, dekorasi yang dibutuhkan, dan lain – lain.


 2.       Buat desain website / mobile application yang menarik dan mudah dimengerti

Untuk memudahkan registrasi dan pembayaran, sebaiknya menggunakan media website atau mobile application. Hal ini dilakukan untuk mendata pengunjung yang akan ikut dalam event online tersebut, agar pada saat acara kita dapat mengatur kapasitas bandwith atau koneksi internet yang dibutuhkan.

Jika acara event online ini berbayar, sebaiknya menggunakan payment gateway, agar memudahkan kita untuk mendata siapa saja yang sudah membayar ataupun yang belum membayar


 3.       Promosikan Acara

Promosikan event online yang Anda selenggarakan, agar menarik jumlah pengunjung pada saat acara. Promosi dapat dilakukan melalui website, email blast, sosial media, ataupun media lainnya.


 4.       Pastikan ada acara gladi resik sebelum acara

Setiap event sebaiknya ada gladi resik atau rehearsal. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir kekurangan ataupun kesalahan yang mungkin terjadi pada saat acara.


5.     Membuat panduan acara bagi peserta

Setiap pengunjung / peserta event online pasti membutuhkan panduan dalam mengikuti acara tersebut. Panduan ini bisa diberikan oleh penyelenggara melalui email ataupun menampilkannya di website.

 

 

Latest Projects