Yang Perlu Diketahui dari Kecepatan Teknologi 5G | Total IT

Yang Perlu Diketahui dari Kecepatan Teknologi 5G

By GS | 02 November 2020

Perbedaan 4G dan 5G dari kecepatannya

5G memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan 4G. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kecepatan internet 4G bisa mencapai 300 Mbps, meskipun kenyataannya kecepatan 4G hanya berada di angka 40 – 60 Mbps (biasanya hanya di negara maju). Sedangkan di Indonesia kecepatan 4G di kisaran maksimal 20 Mbps.

Seberapa cepat jaringan 5G?

Saat ini, kecepatan 5G umumnya bisa mencapai 1 Gbps. Beberapa perusahaan teknologi seperti seperti Huawei sudah menciptakan modem 5G yang diklaim dapat mencapai kecepatan maksimum 6,5 Gbps.

Karena secara teori, kecepatan maksimum 5G bisa mencapai 10 Gbps. Lalu bandingkan dengan 4G yang kecepatan maksimum hanya di 300 Mbps. Dari situ kita sudah bisa melihat bahwa terdapat selisih kecepatan yang cukup jauh antara 4G dan 5G.

Apa manfaat kecepatan tinggi dari 5G?

Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa teknologi 4G sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan internet. Tetapi akibat perkembangan teknologi dan aplikasi, pengguna internet membutuhkan transfer data yang lebih cepat, sehingga membuat teknologi 4G terkesan menjadi lambat.

Sebagai contoh, saat ini kita masih dapat menonton video Full HD menggunakan jaringan 4G tanpa terputus – putus. Tetapi saat ini video dengan resolusi 4K dengan kualitas empat kali lipat video Full HD sudah banyak digunakan. Jika seumpama suatu video dengan resolusi Full HD memiliki ukuran 1 GB, maka video yang sama di resolusi 4K ukuran file nya menjadi empat kali lipat yaitu 4Gb.

Ini belum termasuk inovasi dari perusahaan teknologi seperti Samsung, Sony dan LG yang sudah mengeluarkan produk barunya dengan layer yang memiliki resolusi 8K. Video dengan resolusi 8K berarti memiliki ukuran file empat kali lipat lebih besar dari resolusi 4K atau 16 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan video Full HD.

Jadi bisa kita bayangkan semakin besar kebutuhan file maka koneksi jaringan 4G akan semakin berat dimasa depan. Pengguna internet butuh kecepatan transfer data puluhan kali lipat lebih cepat dan 5G sanggup menggantikan posisi 4G.

 

Sumber : teknosentrik

Latest Projects