WECOC Kembali digelar, Simak Sejarah Singkat Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI | Total IT

WECOC Kembali digelar, Simak Sejarah Singkat Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI

By NV | 27 Januari 2023

DEPARTEMEN  Kardiologi  dan  Kedokteran  Vaskular FKUI  yang  berlokasi  di Pusat  Jantung  Nasional  Harapan  Kita/Rumah  Sakit  Jantung  dan  Pembuluh Darah  Harapan  Kita,  Jalan  S.  Parman Kav.87,  Slipi-Jakarta  ini  adalah  salah satu unsur Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia  yang  melaksanakan  Tri Dharma  Perguruan  Tinggi  bidang  Ilmu Penyakit  Jantung  dan  Pembuluh  Darah (Kardiovaskular). Bila ditelusuri jauh ke belakang,  sebelum  tanggal  10  Nopember  1976  (yang  kini  diperingati  sebagai tanggal kelahiran Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI) mempunyai pengalaman sejarah yang penuh dengan perjuangan dan tantangan dalam pengembangannya.


Perkembangan Ilmu Kardiologi

Menyimak  perkembangan  Ilmu  Kedokteran  tidak  dapat  dilepaskan  dari kiprah  para  ilmuwan  yang  berkecimpung  dalam  kedokteran,  demikian  juga perkembangan  ilmu  kardiovaskular yang  pada  tahun  1957  masih  diberi  istilah  ilmu  kardiologi.  Perkembangan suatu  ilmu  sebagai  proses  belajar  tidak dapat  dipungkiri  hanya  dapat  dikembangkan  melalui  suatu  institusi  pendidikan yang bernama Fakultas Kedokteran sebagai bagian  dari  suatu  pendidikan  dari  suatu Universitas.  Percabangan  Ilmu  kedokteran yang pada awalnya merupakan pendidikan akademik dan profesi menghasilkan lulusan dokter,  atau  dokter  umum.  Selanjutnya berkembang  menjadi  dokter  ahli  atau spesialis  sebagai  perkembangan  dari  kedokteran  medical  dan  surgical.


Pendidikan medikal yang tadinya menghasilkan dokter ahli penyakit dalam (internis)  dan  dokter  ahli  bedah.  Tidak  dapat dipungkiri  pengembangan  ilmu  dan  teknologi  telah  turut  memicu perkembangan  di bidang ilmu penyakit dalam maupun anak, sehingga  memberi  imbas  pada  perkembangan di Tanah Air.


Dokter Gan Tjong Bing yang baru kembali  dari  luar  negeri  memaparkan  sebagai berikut:  "Perkembangan  Departemen  Kardiologi  dan  Kedokteran  Vaskular  FKUI tidak  dapat  dipisahkan  dari  Ilmu  Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di Indonesia yang  mulai  berkembang  pada  tahun  lima puluhan".


Pada masa itu tokoh yang merintis ilmu penyakit  jantung  dan  pembuluh  darah untuk  orang  dewasa  adalah  dr.  Gan  Tjong Bing, dr. Soehardo Kertohusodo dan kemudian  dr.  Lie  Khioeng  Foei. Perhatian  yang terarah terhadap ilmu ini digalakan dengan berdirinya  Perkumpulan  Ahli  Penyakit Dalam  Indonesia  (PAPDI)  dan  Perkumpulan Kardiologi Indonesia (PerKI) pada tanggal  16  November  1957.  Keduanya  disahkan sebagai Cabang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tanggal 28 November 1957 di Rumah  Sakit  St.  Carolus,  Jakarta.  Sebelum itu  Sub-Bagian  Kardiologi  pada  Bagian Penyakit Dalam sudah dimulai pada tahun 1957  dengan  Kepala  dr.  Gan  Tjong  Bing. Sebagai  Ketua  PERKI  (yang  pertama),  dr. Gan Tjong Bing juga  menjabat sebagai Sekretaris PAPDI.


Weekend Course on Cardiology

Di tahun 2022, acara Weekend Course on Cardiology yang genap berusia 34 tahun, merancang pertemuan hybrid: onsite dan online. Simposium akan disiarkan secara online, sementara sebagian besar lokakarya akan disampaikan di tempat, bersamaan dengan pertemuan alumni. Dengan kian pulihnya masa pandemi, pertemuan yang akan diadakan akan sangat menyenangkan dengan tatap muka dan para peserta dapat menikmati sensasi belajar dan berbagi bersama.


Untuk melihat detail informasi mengenai acara ini, Anda dapat mengunjungi alamat web weekend course on cardiology di WECOC 2022. Di web tersebut, Anda dapat melihat dan mengakses fitur-fitur yang tersedia untuk menemukan informasi. Apa saja fitur tersebut? Simak penjelasan berikut:

1. Fitur General Info, pada fitur ini Anda dapat melihat informasi umum mengenai acara yang diselenggarakan. Selain itu, di fitur ini Anda juga dapat melihat panitia penyelenggara acara ini.

2. Fitur Scientific Meeting, pada fitur ini Anda dapat melihat pertemuan ilmiah yang akan diselenggarakan seperti Cardiology in Jeopardy kuis kardiovaskular, program at a glance yang berisi timeline atau schedule event yang akan diadakan, dan juga dapat melihat timeline symposium dan workshop.

3. Fitur News and Event, seperti namanya pada fitur ini Anda dapat melihat berita dan acara yang diselenggarakan.

4. Fitur FAQ, pada fitur ini terdapat pertanyaan-pertanyaan beserta jawaban yang biasanya sering di pertanyakan untuk acara ini.

5. Fitur Program Book yang langsung diarahkan untuk melihat buku program dalam acara.

6. Fitur Abstract Book yang langsung diarahkan untuk melihat buku abstrak dalam acara.

7. Fitur registrasi berisi detail paket dari dua sesi event yang akan diselenggarakan.

8. Fitur login untuk masuk ke dalam website.

Latest Projects