Mengenal Pengertian, Cara kerja, dan Manfaat API bagi Developer | Total IT

Mengenal Pengertian, Cara kerja, dan Manfaat API bagi Developer

By NV | 17 Maret 2023

Selain untuk aplikasi sendiri, API juga sangat berguna untuk membantu programmer menyederhanakan proses pengembangan aplikasi, yang pada akhirnya bisa meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.Selanjutnya, setelah menjelaskan apa itu API, kami akan membahas kegunaan dan manfaatnya.


Apa itu API?

API adalah sekumpulan definisi dan protokol untuk membangun dan mengintegrasikan perangkat lunak aplikasi. API adalah singkatan dari antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface). API memungkinkan produk atau layanan Anda berkomunikasi dengan produk dan layanan lain tanpa harus tahu bagaimana penerapannya.


API didefinisikan sebagai mekanisme yang memungkinkan dua komponen perangkat lunak untuk saling berkomunikasi menggunakan serangkaian definisi dan protokol. Misalnya, sistem perangkat lunak badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) berisi data cuaca harian. Aplikasi cuaca di ponsel Anda “berkomunikasi” dengan sistem ini melalui API dan menampilkan pembaruan cuaca harian di ponsel Anda.


Jadi API adalah antarmuka komputasi yang mendefinisikan interaksi antara beberapa perantara perangkat lunak. Dengan cara mendefinisikan jenis panggilan atau permintaan yang dapat dibuat, bagaimana membuatnya, format data yang harus digunakan, konvensi yang harus diikuti, dan lain- lain. API juga dapat menyediakan mekanisme ekstensi sehingga pengguna dapat memperluas fungsionalitas yang ada dengan berbagai cara dan ke berbagai tingkatan.

Kegunaan dan manfaat API

API memungkinkan developer untuk mengembangkan sebuah website atau aplikasi dengan berbagai fitur yang lebih fungsional dan kompleks, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggannya secara lebih efektif. API secara khusus sangat berguna bagi para Developer. Hal ini dikarenakan API dapat meningkatkan penggunaan waktu, fleksibilitas, dan menghemat biaya. Selain itu manfaat khusus lainnya API developer antara lain:

- Meringankan Beban Server

API dapat memperoleh data terbaru dari server aplikasi sumber, sehingga seluruh data yang dibutuhkan server tidak perlu disimpan secara keseluruhan. Hal ini akan sangat membantu server karena akan meminimalkan down-time website. Server yang down bisa menurunkan performa website dan membuat pengunjung website menjadi kurang nyaman. Jadi, beban server yang ringan akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung website saat mengakses website.

- Pengembangan Aplikasi menjadi Efisien

Komunikasi yang baik antar aplikasi akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan berbagai platform dengan mudah. Kegunaan API disini adalah developer tidak perlu lagi membangun komunikasi dengan aplikasi yang ingin dihubungkan. API juga berguna saat developer ingin membangun aplikasi lintas platform dengan berbagai layanan sekaligus, seperti aplikasi atau website pemesanan tiket online. Mereka hanya perlu melakukan integrasi dengan masing-masing layanan, misalnya maskapai penerbangan. Jadi, developer tidak perlu melakukan komunikasi manual untuk menanyakan harga dan ketersediaan  seat di pesawat.

- Meningkatkan Produktivitas

Karena permintaan untuk software modern terus meningkat, perusahaan mencari jalan yang cepat untuk membuat prototype dan membuat produk baru. Jika Developer menghabiskan waktu untuk membangun aplikasi dari awal atau dari bawah ke atas, ketika solusi yang diberikan serupa dengan dengan API yang sudah terekspos, maka hal tersebut akan berdampak negatif untuk produktivitas suatu perusahaan. API menawarkan mekanisme untuk melakukan pengembangan yang lebih cepat. Dengan API, Developer dapat dengan cepat melakukan implementasi fungsi yang sudah ada dibandingkan membuat fungsi dari scratch atau dari awal.


- Kemampuan untuk Membuat Produk Baru

Menyelesaikan fungsionalitas suatu organisasi dan mengeksposnya menjadi sebuah API, menjadi tawaran yang menggiurkan untuk developer external untuk membuat aplikasi diatasnya. Selain membangun hubungan partnership yang kuat, hal ini memungkinkan untuk menciptakan lebih banyak fitur khusus yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya.



Cara Kerja API

API adalah seperangkat aturan yang ditetapkan yang menjelaskan bagaimana komputer atau aplikasi berkomunikasi satu sama lain. API berada di antara aplikasi dan server web yang bertindak sebagai lapisan perantara yang memproses transfer data antar sistem. Berikut adalah cara kerja API: 


  1. Aplikasi klien memulai API call untuk mengambil informasi, dikenal sebagai request. Permintaan ini diproses dari aplikasi ke server web melalui Uniform Resource Identifier (URI) API dan menyertakan request verb, header, atau terkadang request body,

  2. Setelah menerima permintaan yang valid, API melakukan panggilan ke program eksternal atau server web,

  3. Server mengirimkan respon ke API dengan informasi yang diminta,

  4. API mentransfer data ke aplikasi peminta awal.

Latest Projects