Keunggulan Aplikasi Signal Pengganti WhatsApp & Telegram | Total IT

Keunggulan Aplikasi Signal Pengganti WhatsApp & Telegram

By GS | 12 Januari 2021

Kebijakan privasi baru yang dikeluarkan WhatsApp membuat sejumlah pengguna aplikasi memikirkan alternatif pengganti chat platform tersebut. Salah satu opsi yang dipilih untuk menggantikan WhatsApp adalah Signal yang diklaim lebih baik dari WhatsApp dan Telegram.

Signal menawarkan sejumlah fitur keamanan yang bahkan tidak ada di dua platform lainnya. Salah satunya dengan dukungan penggunaan end-to-end encryption untuk semua fiturnya, meskipun teknologi seperti ini juga sudah diterapkan di WhatsApp namun tidak ada di Telegram.

Dengan menggunakannya, diklaim bahwa platform tidak bisa membaca isi obrolan pengguna. Arti dari End-to-end encryption sendiri berarti hanya pengguna yang mengirim dan menerima pesan yang dapat membaca isi obrolan, bahkan platform pun tidak bisa mengintipnya.

Untuk login, Signal hanya meminta nomor telepon pengguna saja. Sisanya platform tak tahu apapun soal akun tiap penggunanya, seperti dikutip The Next Web, Selasa (12/1/2021).

Saat melakukan pencarian, Signal hanya mengirimkan nomor yang dipotong secara kriptografis sementara nama atau informasi lain tidak ditransmisi maupun dalam server aplikasi. Dari sisi back up, Signal juga hanya bisa transfer backup P2P di iOS serta manual untuk Android.

Selain itu, fitur screen security, membuat aplikasi tidak akan menampilkan preview di luar aplikasi. Pengguna juga bisa menggunakan pin untuk membuka aplikasi. Di sisi lain, Telegram mengaku akan mengumpulkan data nomor ponsel dan kontak pengguna saat mereka melakukan pendaftaran. Telegram juga dapat mengakses username dan foto profil pengguna.

Telegram sendiri mengklaim data-data yang dikumpulkan itu tidak akan digunakan untuk menampilkan iklan pada penggunanya.

 

Sumber : CNBC Indonesia

Latest Projects