5 Langkah Riset Keyword yang Efektif dan Cara Menggunakannya | Total IT

5 Langkah Riset Keyword yang Efektif dan Cara Menggunakannya

By NV | 14 Februari 2023

Setiap harinya, jutaan pengguna internet menggunakan search engine dengan memasukkan keyword atau kata kunci sebagai perintah pada mesin pencari untuk menemukan produk, jasa, atau artikel yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami maksud atau tujuan pengguna mesin pencari melalui proses riset kata kunci. Kegagalan dalam memahami kata kunci atau kata kunci yang tepat dapat mengakibatkan lalu lintas ke situs tidak optimal karena konten tidak sesuai dengan maksud pencarian pengguna. 

Apa itu Keyword Research (riset kata kunci) ?


Keyword Research atau Riset Kata Kunci adalah proses memahami kata kunci yang digunakan pengguna saat mencari produk, layanan, dan konten. Riset kata kunci adalah tentang menganalisis dan menemukan kata kunci yang cocok, seringkali untuk search engine optimization (optimisasi mesin pencari) atau pemasaran umum. 


Keyword Research dapat mengungkapkan pencarian yang ditargetkan, volume pencarian, tingkat kesulitan, dan lainnya. Keyword Research penting untuk mengetahui apa yang dicari pengguna pada mesin pencari, sehingga kita dapat menghindari pembuatan konten yang tidak terkait dengan apa yang dicari pengguna. 

Elemen Riset Keyword

1. Relevance (Relevancy)

Google memberi peringkat pada semua konten berdasarkan relevansi. Konten hanya diberi peringkat berdasarkan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan audiens target. Selain itu, konten juga harus merupakan sumber terbaik dan paling relevan sehingga dapat bersaing dengan konten lain dari situs web yang berbeda. Oleh karena itu, judul dan meta description juga harus menarik agar dapat menarik pengunjung untuk mengklik. 


2. Otoritas (Authority)

Google memberi bobot lebih pada situs web yang dianggap berwibawa. Hal ini menunjukkan bahwa website Anda harus diperkaya dengan konten informatif yang bermanfaat dan dapat disebarkan untuk menarik perhatian publik bahkan tautan balik. Buatlah konten Anda sebagus atau se-original mungkin untuk bersaing dengan media lokal yang selalu berada di halaman pertama Google. 


3. Volume

Jangan terlalu senang jika konten Anda berada di halaman pertama atas untuk kata kunci tertentu tetapi tidak ada yang mencarinya, karena itu berarti konten tersebut tidak mendatangkan trafik ke website Anda. Volume diukur dengan MSV (Monthly Search Volume) atau jumlah pencarian bulanan, yang berarti berapa kali setiap kata kunci dicari di platform Google per bulan. 

Langkah-langkah Riset Keyword yang Efektif untuk Website

Langkah 1: Buat daftar keyword yang Anda pikir sangat relevan dengan bisnis. Coba pilihlah minimal 5 topik yang menurut Anda penting dan kemungkinan besar berhasil menaikkan visibilitas online. Misalnya untuk produk sepatu, gunakan "jenis sepatu", "merawat sepatu", "bagian sepatu", atau lainnya. 


Tips: Perhatikan topik dan keyword yang digunakan kompetitor. 


Langkah 2: Menemukan kata kunci yang lebih spesifik. Identifikasi kata kunci apa saja yang bisa digunakan untuk berbagai topik penting yang Anda pilih sebelumnya. Pikirkan kira-kira apa yang akan diketik orang di kolom pencarian ketika ingin menemukan konten dengan topik tersebut. Intinya, buat berbagai kemungkinan pencarian. Misalnya, "cara mudah merawat sepatu", "tren sepatu casual", atau lainnya. 


Tips: Tentukan short tail keyword yang memiliki angka tinggi, lalu tambahkan long tail keyword yang spesifik.


Langkah 3: Pahami search intent. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, search intent adalah bagian penting untuk memahami audiens sehingga dapat menemukan kata kunci yang tepat. Nantinya, sesuaikan dengan daftar kata kunci yang telah dikelompokkan sebelumnya. 


Tips: Kategorikan penelusuran. Sortir dan kelompokkan keyword ke dalam grup-grup. 


Langkah 4: Riset kata pencarian lain yang berhubungan dengan daftar tadi. Terutama untuk konten yang spesifik, Anda bisa coba menemukan kata-kata lain yang berhubungan dan digunakan pengguna. Ketik keyword di Google dan ketahui apa penelusuran terkaitnya. Daftar yang Anda temukan bisa jadi alternatif ide menarik. 


Tips: Cari tahu dan pilih yang paling bisa menjawab masalah audiens Anda. 


Langkah 5: Gunakan keyword research tools agar lebih akurat dan maksimal. Dengan tools yang ada, Anda bisa menemukan berbagai pertimbangan dan melakukan analisis untuk menentukan keyword yang tepat. 


Kata kunci yang tepat akan mendukung performa SEO. Anda harus fokus pada relevansi, volume, dan authority. Jika riset dilakukan dengan benar, bisnis Anda bisa memenangkan persaingan di mesin pencari. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan evaluasi rutin supaya keyword tetap relevan.


Kesimpulan

Keyword research adalah melakukan analisa terhadap keyword apa yang ingin ditargetkan. Cara riset keyword yang efektif adalah salah satu kunci keberhasilan SEO website kamu. Untuk itu, segera terapkan tips di atas agar situs kamu semakin mendulang traffic yang besar.


Latest Projects